Mengisi Ruang Maya
tips puasa ramadhan

6 Tips Puasa Ramadan untuk Mahasiswa Muslim di Luar Negeri

Bagi mahasiswa Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan di luar negeri, terutama yang sedang menjalankan puasa Ramadan untuk pertama kali, pastinya membutuhkan tips puasa Ramadan yang berguna untuk membantu mengelola kebutuhan dan kesehatan selama bulan yang penuh ujian ini. Berikut adalah enam tips berpuasa Ramadan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan berpuasa.

6 Tips Puasa Ramadhan

  1. Minum banyak air selama sahur

Menjaga tubuh terhidrasi adalah salah satu hal yang sangat penting selama berpuasa Ramadan. Oleh karena itu, disarankan untuk minum banyak air selama sahur agar tetap terhidrasi selama menjalankan puasa hingga berbuka.

  1. Batasi aktivitas fisik

tips puasa ramadhan
foto: dinkes banjarmasin

Bagi mahasiswa atlet, sangat penting untuk tidak terlalu banyak melakukan aktivitas fisik selama berpuasa Ramadan. Hal ini termasuk memotong latihan dan gerakan fisik atau memilih untuk berolahraga atau berlatih hanya pada waktu yang lebih dekat dengan waktu berbuka. Atlet dapat berunding dengan pelatih mereka tentang jadwal latihan yang lebih fleksibel untuk menyesuaikan dengan waktu berbuka.

  1. Tips Puasa Ramadhan Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Saat berpuasa, sering kali tubuh menjadi lapar dan ingin makan makanan yang tidak sehat. Namun, sangat penting untuk memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi selama berpuasa Ramadan karena ada beberapa makanan yang dapat membantu menyimpan energi dan menjaga keseimbangan air dan garam dalam tubuh. Sebaiknya hindari makanan yang digoreng karena kandungan garamnya yang tinggi, karena bisa membuat tubuh lebih cepat merasa haus. Batasi juga konsumsi kafein selama berbuka puasa dan sahur untuk menghindari insomnia dan ketidaknyamanan.

  1. Lakukan negosiasi jadwal kuliah dan ujian

Mahasiswa Muslim harus mengambil inisiatif untuk berbicara dengan penasihat universitas atau dosen mereka tentang kemungkinan waktu alternatif untuk mengambil ujian, terutama jika ujian tersebut jatuh pada waktu berbuka. Ini akan memberi Anda energi untuk fokus dan tampil lebih baik dalam ujian.

  1. Makan sahur dan berbuka di kampus

Jika cukup banyak mahasiswa Muslim yang berpuasa, ada kemungkinan untuk menegosiasikan dengan administrasi universitas untuk membuka kantin selama sahur dan berbuka. Namun, jika hanya ada sedikit mahasiswa Muslim, Anda juga bisa memilih untuk makan di masjid atau di asrama.

  1. Menjaga jadwal tidur

Menjaga jadwal tidur yang baik selama Ramadan adalah tantangan terbesar. Di beberapa negara dan musim, terutama saat musim panas, tidak ada banyak waktu antara waktu berbuka dan waktu sahur, sehingga membuat jadwal tidur terganggu. Disarankan untuk mengatur jadwal tidur yang baik agar tubuh tetap segar dan bugar selama menjalankan puasa Ramadan.

Baca Juga :   Maulid di Ruang Digital, Ekspresi Publik Twitter tentang Nabi Muhammad

Penulis El Kariem

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed