Mengisi Ruang Maya
pidato singkat

13 Pidato Singkat Pengukir Sejarah, Nabi Muhammad yang Terbaik

Ada banyak pidato singkat yang terkenal yang menjadi titik balik dalam sejarah. Berikut adalah daftar beberapa pidato paling penting yang pernah didengar.

Seperti yang dikatakan oleh Ralph Waldo Emerson, “Pidato adalah kekuatan: Pidato adalah untuk membujuk, mengubah, dan memaksa.” Kutipan ini dengan sempurna merangkum kekuatan dari pidato yang baik. Ada banyak pidato singkat terkenal yang telah mempengaruhi manusia dan sejarah.

Meskipun banyak pilihan, beberapa pidato oleh tokoh terkenal, termasuk mantan presiden, politikus, visioner hebat, dan dramawan terkenal, telah masuk dalam sejarah sebagai sesuatu yang orang anggap relevan dan berpengaruh hingga hari ini.

Tentu saja kita dapat mengatakan dengan yakin bahwa beberapa pidato di bawah ini merupakan contoh pidato singkat paling berpengaruh.

Contoh Pidato Singkat Paling Fenomenal

Pidato tidak perlu panjang untuk terkenal; yang singkat pun bisa hebat jika mampu mempesona dan menginspirasi pendengar. Beberapa pidato singkat paling terkenal antara lain:

  • Pidato Franklin D. Roosevelt tentang Serangan Pearl Harbor: Meski hanya berlangsung selama tujuh setengah menit, pidato ini berhasil membangkitkan patriotisme bangsa Amerika.
  • Pidato Ronald Reagan setelah Bencana Challenger: Setelah ledakan fatal dari pesawat ulang-alik Challenger, Presiden Reagan menyampaikan simpatinya kepada seluruh bangsa.
  • Pidato John F. Kennedy “Ich bin ein Berliner”: Pidato motivasional untuk warga Berlin Barat yang hidup dalam bayang-bayang Tembok Berlin.
  • Pidato “I Have Sinned” oleh Bill Clinton: Sebuah pengakuan publik tentang kesalahan pribadinya.
  • Pidato “I Have a Dream” oleh Martin Luther King Jr.: Sebuah momen terobosan untuk Gerakan Hak Sipil di Amerika.
  • Pidato Shakespeare: Banyak dari pidato singkat terbaik berasal dari pena Shakespeare, seperti monolog terkenal dari “As You Like It”.
  • Pidato “Stay Hungry, Stay Foolish” oleh Steve Jobs: Sebuah pidato inspirasional untuk generasi muda tentang mengikuti hasrat dan intuisi mereka.
  • Pidato Perpisahan oleh Nabi Muhammad (saw): Sebagai salah satu pidato paling penting dalam sejarah kemanusiaan yang dengan singkat menggambarkan bagaimana hidup sebagai seorang Muslim.

Contoh Isi Pidato Singkat Paling Fenomenal

Penting untuk diingat bahwa kekuatan sebuah pidato terletak pada pesan dan dampaknya, bukan pada panjangnya. Berikut adalah detail dari pidato yang disampaikan:

1. Pidato Franklin D. Roosevelt tentang Serangan Pearl Harbor

Konteks: Pidato ini disampaikan pada tanggal 8 Desember 1941, sehari setelah serangan Pearl Harbor.

Baca Juga :   Pidato, Sebuah Seni Mempengaruhi Publik

Kutipan penting: “Yesterday, December 7, 1941 — a date which will live in infamy — the United States of America was suddenly and deliberately attacked by naval and air forces of the Empire of Japan.”

Keterangan: Roosevelt menjelaskan kepada bangsa bahwa AS telah diserang dan bahwa tindakan seperti itu tidak dapat dibiarkan tanpa tanggapan. Dia meminta Kongres untuk menyatakan perang terhadap Jepang.

2. Pidato Ronald Reagan Pasca Bencana Challenger

Konteks: Pidato ini diberikan pada tanggal 28 Januari 1986, segera setelah pesawat ulang alik Challenger meledak beberapa detik setelah peluncuran.

Kutipan penting: “We will never forget them, nor the last time we saw them, this morning, as they prepared for their journey and waved goodbye and ‘slipped the surly bonds of earth’ to ‘touch the face of God’.”

Keterangan: Reagan memberikan penghormatan kepada tujuh astronot yang tewas dalam kejadian tersebut dan memberikan penghiburan kepada bangsa yang berduka.

3. Pidato John F. Kennedy di Berlin

Konteks: Diberikan pada 26 Juni 1963 di Berlin Barat di tengah-tengah Perang Dingin.

Kutipan penting: “All free men, wherever they may live, are citizens of Berlin, and, therefore, as a free man, I take pride in the words ‘Ich bin ein Berliner’.”

Keterangan: Dengan mengucapkan kalimat tersebut, Kennedy menunjukkan solidaritas Amerika dengan warga Berlin Barat yang hidup di bawah bayang-bayang Tembok Berlin dan ancaman komunisme.

4. Pidato “I Have Sinned” oleh Bill Clinton

Konteks: Pidato ini disampaikan pada 1998 setelah skandal hubungannya dengan Monica Lewinsky terungkap.

Kutipan penting: “Indeed I did have a relationship with Miss Lewinsky that was not appropriate. In fact, it was wrong. I misled people, including even my wife. I deeply regret that.”

Keterangan: Clinton mengakui kesalahannya dan meminta maaf kepada bangsa karena telah menyesatkan mereka.

5. Pidato “Four Freedoms” oleh Franklin D. Roosevelt

Konteks: Disampaikan pada 6 Januari 1941, pidato ini menggarisbawahi kepentingan kebebasan dasar yang harus dinikmati oleh semua orang di dunia.

Kutipan penting: “In the future days, which we seek to make secure, we look forward to a world founded upon four essential human freedoms. The first is freedom of speech and expression… The second is freedom of every person to worship God in his own way… The third is freedom from want… The fourth is freedom from fear…”

Keterangan: Roosevelt menegaskan pentingnya empat kebebasan ini, baik untuk rakyat Amerika maupun bagi semua orang di seluruh dunia, sebagai dasar untuk perdamaian dan demokrasi.

6. Pidato “Checkers” oleh Richard Nixon

Konteks: Diberikan pada 23 September 1952, saat Nixon menjabat sebagai calon wakil presiden di bawah Dwight D. Eisenhower. Nixon berbicara untuk membela diri dari tuduhan menggunakan dana kampanye untuk kepentingan pribadi.

Kutipan penting: “The only thing I did wrong was not to burn the paper after I had read it. Everything else the committee did in order to give this man, and every other American, a square deal.”

Baca Juga :   Wakaf Perusahaan Indonesia: Implementasi dan Transformasi Kelembagaan

Keterangan: Nixon menjelaskan posisinya dan membela integritasnya. Dia juga menyebut anjing peliharaannya, Checkers, sebagai hadiah yang dia terima dan tidak akan mengembalikannya, yang memberi pidato ini julukannya.

7. Pidato “A More Perfect Union” oleh Barack Obama

Konteks: Disampaikan pada 18 Maret 2008, pidato ini adalah respons Obama terhadap kontroversi yang muncul dari kutipan pidato pastornya, Jeremiah Wright.

Kutipan penting: “I have asserted a firm conviction – a conviction rooted in my faith in God and my faith in the American people – that working together we can move beyond some of our old racial wounds, and that in fact we have no choice if we are to continue on the path of a more perfect union.”

Keterangan: Obama menyoroti pentingnya persatuan dan mengatasi perbedaan rasial di Amerika. Dia mencari pemahaman dan jembatan antara komunitas yang berbeda untuk menciptakan Amerika yang lebih bersatu.

8. Pidato “The Ballot or the Bullet” oleh Malcolm X

Konteks: Disampaikan pada 3 April 1964 di Cleveland, Ohio. Ini adalah salah satu pidato paling terkenal dari Malcolm X.

Kutipan penting: “It’s either the ballot or the bullet. It’s liberty or it’s death. It’s freedom for everybody or freedom for nobody.”

Keterangan: Malcolm X menekankan pada tindakan dan kebutuhan untuk hak-hak sipil bagi orang Afrika Amerika. Dia menyerukan aksi langsung dan perubahan segera, bahkan jika itu berarti menggunakan kekerasan.

9. Pidato “Ich bin ein Berliner” oleh John F. Kennedy

Konteks: Disampaikan pada 26 Juni 1963 di Berlin Barat, pidato ini merupakan tanda solidaritas Amerika dengan Berlin Barat selama Perang Dingin, terutama setelah pembangunan Tembok Berlin oleh pihak komunis.

Kutipan penting: “All free men, wherever they may live, are citizens of Berlin, and, therefore, as a free man, I take pride in the words ‘Ich bin ein Berliner!'”

Keterangan: Kennedy menunjukkan dukungan Amerika untuk warga Berlin Barat dan menegaskan pentingnya kebebasan dan demokrasi di hadapan ekspansi komunisme.

10. Pidato “The Last Crusade” oleh Ronald Reagan

Konteks: Disampaikan pada 6 Juni 1984 di Pantai Omaha, Normandia, untuk memperingati 40 tahun Pendaratan Normandia (D-Day) selama Perang Dunia II.

Kutipan penting: “We will always remember. We will always be proud. We will always be prepared, so we will always be free.”

Keterangan: Reagan memberi penghormatan kepada keberanian dan pengorbanan prajurit yang mendarat di Normandia dan menggarisbawahi pentingnya kebebasan dan perjuangan melawan tirani.

11. Pidato “There’s a Place for Us” oleh Hillary Clinton

Konteks: Disampaikan pada 9 Juni 2016, setelah Clinton menjadi calon presiden wanita pertama dari partai besar di Amerika Serikat.

Kutipan penting: “Tonight’s victory is not about one person. It belongs to generations of women and men who struggled and sacrificed and made this moment possible.”

Keterangan: Clinton mengakui perjuangan hak-hak perempuan dan pentingnya representasi dalam politik. Dia menyuarakan optimisme untuk masa depan Amerika yang lebih inklusif.

12. Pidato “The Man in the Arena” oleh Theodore Roosevelt

Konteks: Sebagai bagian dari pidato “Citizenship in a Republic”, disampaikan di Universitas Sorbonne, Paris, pada 23 April 1910.

Baca Juga :   Contoh Pidato Moderasi Beragama

Kutipan penting: “It is not the critic who counts; not the man who points out how the strong man stumbles, or where the doer of deeds could have done them better. The credit belongs to the man who is actually in the arena, whose face is marred by dust and sweat and blood; who strives valiantly…”

Keterangan: Roosevelt menghargai usaha dan keberanian daripada kritik. Dia menekankan pentingnya berani beraksi dan mengambil risiko dalam hidup.

Pidato Singkat Terpenting dalam Sejarah Kemanusiaan

Pidato Perpisahan (خطبة الوداع) tanpa ragu menjadi salah satu “pidato singkat” terpenting dalam sejarah umat manusia yang menjelaskan secara ringkas tentang hidup sebagai Muslim.

Setelah memuji dan mengucap syukur kepada Allah, Nabi Muhammad (damai sejahtera baginya) berkata:

“Wahai Umat manusia, dengarkanlah aku dengan saksama, karena aku tidak tahu apakah setelah tahun ini, aku akan kembali bersama kalian. Maka, dengarkanlah apa yang aku sampaikan dengan teliti dan sampaikanlah kepada mereka yang tidak bisa hadir hari ini.

Wahai Umat manusia, sebagaimana kalian menghormati bulan, hari, dan kota ini sebagai suci, demikianlah anggaplah kehidupan dan harta setiap Muslim sebagai amanah suci. Kembalikan harta yang dipercayakan kepadamu kepada pemiliknya yang sah.

Jangan menyakiti siapapun agar tidak ada yang menyakitimu. Ingatlah bahwa kalian akan bertemu Tuhanmu, dan Dia akan menghitung amal kalian. Allah melarang kalian mengambil riba, maka mulai sekarang semua kewajiban riba dihapuskan. Namun, modal kalian tetap menjadi milik kalian.

Janganlah kalian menyakiti atau disakiti. Allah telah memutuskan bahwa tidak ada riba, dan semua riba yang seharusnya diberikan kepada Al-Abbas ibn Abdul Muttalib sejak saat itu dihapuskan…

Berhati-hatilah dengan setan demi keselamatan agamamu. Dia telah kehilangan harapan untuk menyesatkanmu dalam hal-hal besar, jadi waspadalah mengikutinya dalam hal-hal kecil.

Wahai Umat manusia, memang kalian memiliki hak atas wanita kalian, tapi mereka juga memiliki hak atas kalian. Ingatlah bahwa kalian mengambil mereka sebagai istri dengan kepercayaan dari Allah dan izin-Nya. Jika mereka mematuhi hak kalian, maka mereka berhak diberi makan dan diberi pakaian dengan baik.

Perlakukanlah wanita kalian dengan baik dan kasih sayang, karena mereka adalah mitra dan pembantu kalian. Dan kalian memiliki hak agar mereka tidak berteman dengan orang yang tidak kalian setujui, serta agar selalu menjaga kehormatan.

Wahai Umat manusia, dengarkanlah aku dengan sungguh-sungguh, sembahlah Allah, laksanakan sholat lima waktu, puasa di bulan Ramadan, dan keluarkan Zakat. Lakukan haji jika kalian mampu.

Semua manusia berasal dari Adam dan Hawa. Arab tidak lebih unggul dari non-Arab, dan non-Arab tidak lebih unggul dari Arab; putih tidak lebih unggul dari hitam, dan hitam tidak lebih unggul dari putih; keunggulan hanya berdasarkan ketakwaan dan amal baik.

Ketahuilah bahwa setiap Muslim adalah saudara bagi Muslim lainnya dan semua Muslim adalah satu persaudaraan.

Tidak ada yang sah bagi seorang Muslim yang menjadi milik Muslim lain kecuali diberikan dengan tulus dan rela. Maka, janganlah kalian berbuat zhalim kepada diri sendiri. Ingatlah, suatu hari kalian akan berdiri di hadapan Allah dan mempertanggungjawabkan perbuatan kalian. Maka, waspadalah, janganlah kalian menyimpang dari jalan kebenaran setelah aku tiada.

Wahai Umat manusia, tidak akan ada nabi atau rasul setelah aku, dan tidak akan ada agama baru yang lahir. Maka, renungkanlah dengan baik, Wahai Umat manusia, dan pahami kata-kata yang kusampaikan kepada kalian.

Aku meninggalkan dua hal, Al-Quran dan contohku, Sunnah, dan jika kalian mengikutinya, kalian tidak akan tersesat. Semua yang mendengarkan aku harus menyampaikan kata-kataku kepada orang lain dan seterusnya; mungkin saja orang terakhir memahami kata-kataku lebih baik daripada mereka yang mendengar langsung dariku. Jadilah saksi, Wahai Allah, bahwa aku telah menyampaikan pesan-Mu kepada umat-Mu.”

Avatar photo

Redaksi El Kariem

Tim redaksi elkariem-mengisi ruang maya. "Saya adalah saya dan etnis, ras, atau agama saya adalah identitas saya. Anda adalah Anda dan etnis, ras, atau agama Anda adalah identitas Anda. Kita adalah satu umat manusia yang bersatu di satu planet, dan kemanusiaan kita yang bersama adalah identitas kita."

1 comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed