Mengisi Ruang Maya
Munas dan Konbes NU 2023

Munas dan Konbes NU 2023, Hasilkan Tiga Rekomendasi Penting bagi Indonesia

Jakarta, 19 September 2023 – Dalam Munas dan Konbes NU 2023 yang berlangsung di Jakarta, Gus Ulil membacakan tiga rekomendasi penting yang telah dirumuskan oleh tim rekomendasi NU. Pemaparan lengkapnya dapat disaksikan melalui akun YouTube “Nu Online“.

Rekomendasi pertama Munas dan Konbes NU 2023 menekankan pentingnya berpolitik berdasarkan nilai. NU menyatakan tidak memiliki kepentingan dalam mendukung satu nama atau partai tertentu dalam pemilihan mendatang. Sebagai dasar, NU merujuk pada keputusan Muktamar tahun 1989 yang merumuskan sembilan pedoman berpolitik bagi warga NU, di antaranya adalah politik bagi NU sebagai bentuk ketelibatan warga negara dan berpolitik harus didasarkan pada wawasan kebangsaan.

Dalam rekomendasi kedua, NU menyoroti permasalahan di Rempang, Pulau Batam. Organisasi ini menekankan perlunya menghentikan pendekatan keamanan dan kekerasan dalam sengketa tanah rakyat. Pembangunan dan investasi harus memperhatikan hak-hak rakyat kecil. NU juga menyerukan agar semua pihak, termasuk pemerintah dan masyarakat, menjaga ketenangan dan mendengarkan aspirasi rakyat.

Rekomendasi ketiga berkaitan dengan pengelolaan sumber daya alam. NU menuntut konsensus nasional yang melibatkan semua pihak dalam pengelolaan sumber daya alam. Ini bertujuan agar kebijakan yang diambil bersifat adil dan bermaslahat bagi seluruh masyarakat. Organisasi ini juga menekankan bahwa pengelolaan sumber daya alam tidak boleh dikendalikan hanya oleh satu kelompok, terutama yang memiliki kekuasaan modal.

Sebagai tambahan, masalah global seperti konflik, polarisasi, dan kebencian yang semakin meningkat di dunia juga menjadi sorotan Munas dan Konbes NU 2023. Organisasi ini menegaskan peran agama sebagai solusi, namun dengan catatan bahwa agama harus melakukan introspeksi dan pemahaman ulang terhadap ajarannya agar relevan dengan kondisi saat ini.

Baca Juga :   Moderasi Beragama: Definisi, Konsep Dasar, dan Pentingnya dalam Mendorong Toleransi dan Kerukunan Agama

Dengan disampaikannya tiga rekomendasi penting tersebut, NU berharap dapat memberikan panduan dan arahan bagi Indonesia, khususnya dalam menghadapi berbagai isu yang saat ini sedang dihadapi. Diharapkan pula, melalui Munas & Konbes ini, masyarakat dapat lebih memahami posisi dan pandangan NU dalam berbagai hal yang berkaitan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara. Keseluruhan sesi Munas & Konbes NU 2023 dapat disaksikan kembali melalui akun YouTube resmi “Nu Online” untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

https://www.youtube.com/watch?v=j1FnePpqTPE
Munas dan Konbens NU 2023
Avatar photo

Redaksi El Kariem

Tim redaksi elkariem-mengisi ruang maya. "Saya adalah saya dan etnis, ras, atau agama saya adalah identitas saya. Anda adalah Anda dan etnis, ras, atau agama Anda adalah identitas Anda. Kita adalah satu umat manusia yang bersatu di satu planet, dan kemanusiaan kita yang bersama adalah identitas kita."

2 comments

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed