Mengisi Ruang Maya
doa penutup kultum

5 Contoh Doa Penutup Kultum dalam Bahasa Arab dan Indonesia

Doa penutup kultum adalah salah satu bagian yang tak boleh Anda lewatkan ketika melakukan kultum ataupun ceramah.

Dengan melantunkan doa, Anda bisa meminta kepada Allah Swt. sesuatu yang bermanfaat atau penghapus dosa. Doa penutup ini perlu Anda sesuaikan dengan isi dari kultum yang sudah Anda sampaikan.

1. Doa Kultum Singkat

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

“Maha Suci Allah dengan segala puji bagi Allah Swt, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, aku memohon ampunan dan bertaubat hanya kepada-Mu.”

2. Doa Penutup Kultum Bahasa Arab

Penutup Kultum Bahasa Arab

seorang pria sedang berdoa

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلّاً لِّلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَؤُوفٌ رَّحِيمٌ رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِين

رَبَنَا ءَاتِنَا فِي الدّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النّارِ .

عباد الله، ان الله يأمر بالعدل والاحسان وايتاء ذي القربي وينهي عن الفحشاء والمنكر والبغي لعلكم تذكرون فاذكروا الله العظيم يذكركم واسألوه من فضله يعطكم ولذكر الله اكبر

“Ya Tuhan kami, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang mendahului kami dalam keimanan, dan jangan menaruh kebencian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, Engkau Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan mengasihi kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang merugi.

Baca Juga :   Isra’ Mi’raj, Perdamaian dan Hubungan Antar Agama

Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan akhirat, dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

Hamba-hamba Allah, Allah memerintahkan keadilan, kebajikan dan bersedekah kepada sanak suara dan mengharamkan maksiat, kekejian dan pelanggaran agar kamu ingat, maka ingatlah Allah Swt, niscaya Dia akan mengingatmu dan meminta kepada-Nya karunia-Nya dan dia akan kuberikan kepadamu dan dzikir kepada Allah itu besar. ”

3. Doa Penutup Ceramah atau Kultum Pendek

Doa Penutup Ceramah
seorang pria sedang berdoa

سُبْحانَكَ اللَّهُمَّ وبِحَمْدِكَ أشْهَدُ أنْ لا إِلهَ إِلاَّ أنْتَ أسْتَغْفِرُكَ وأتُوبُ إِلَيك

“Maha Suci Engkau, ya Allah. Segala sanjungan untuk-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau. Aku memohon ampunan dan bertaubat kepada-Mu.”

4. Doa Penutup Acara Pengajian

Doa Penutup Ceramah
seorang pria sedang berdoa

اَللَّهُمَّ اقْسِمْ لَنَا مِنْ خَشْيَتِكَ مَا تَحُولُ بِهِ بَيْنَنَا وَبَيْنَ مَعْصِيَتِكَ وَمِنْ طَاعَتِكَ مَا تُبَلِّغُنَابِهِ جَنَّتَكَ وَمِنَ ٱلْيَقِينِ مَا تُهَوَنُ بِهِ عَلَيْنَا مَصَائِبَ الدُّنْيَا. اَللَّهُمَّ مَتِّعْنَا بِأَسْمَاعِنَا وَأَبْصَارِنَا وَقُوَّتِنَا مَا أَحْيَيْتَنَا وَاجْعَلْهُ الْوَارِثَ مِنَّا وَاجْعَلْهُ فَأَرَنَا عَلَى مَنْ عَادَانَا وَلَا تَجْعَلْ مُصِيبَتَنَا فِي دِينِنَا وَلَا تَجْعَلِ الدُّنْيَا أَكْبَرَ هَمَنَا وَلَا مَبْلَغَ عِلْمِنًا وَلَا تُسَلَّطَ عَلَيْنَا مَنْ لَا يَرْحَمْنَا

“Ya Allah, berikanlah kami anugerah atas rasa takut kepada-Mu yang akan menghalangi kami dan kemaksiatan dan atas ketaatan kepada-Mu yang akan menyampaikan kami ke surga-Mu dan anugerah atas keyakinan yang akan menyebabkan ringannya bagi kami atas segala musibah di dunia ini.

Ya Allah, berikanlah kami kenikmatan pendengaran, penglihatan, kekuatan selama  kami hidup dan jadikanlah dia ahli waris di antara kami dan jadikan dia penjaga orang-orang yang memusuhi kami dan tolonglah kami terhadap orang yang memusuhi kami, dan janganlah engkau jadikan musibah kami dalam urusan agama kami, dan janganlah Engkau hadirkan dunia ini sebagai cita-cita terbesar kami dan puncak dari ilmu kami, dan janganlah engkau jadikan orang-orang yang tidak menyayangi kami berkuasa atas kami.”

5. Doa Kultum untuk Umum

doa penutup majelis
seorang pria sedang berdoa

ﺭَﺏِّ ﺍْﻧﻔَﻌْﻨَﺎ ﺑِﻤَﺎ ﻋَﻠَّﻤْﺘَﻨَﺎ، ﺭَﺏِّ ﻋَﻠِّﻤْﻨَﺎ ﺍَّﻟﺬِﻱْ ﻳَﻨْﻔَﻌُﻨَﺎ، ﺭَﺏِّ ﻓَﻘِّﻬْﻨَﺎ ﻭَﻓَﻘِّﻪْ ﺃَﻫْﻠَﻨَﺎ، ﻭَﻗَﺮَﺍﺑَﺎﺕِ ﻟَﻨَﺎ ﻓِﻲ ﺩِﻳْﻨِﻨَﺎ، ﺗَﻮَﺳَّﻠْﻨَﺎ ﺑِﺘَﻌَﻠُّﻢٍ، ﺗَﻮَﺳَّﻠْﻨَﺎ ﺑِﺘَﻌْﻠِﻴﻢٍ، ﺍَﻥْ ﺗَﺮْﺯُﻗَﻨَﺎ الوَاسِعَةَ، ﻭَﺍَﻥْ ﺗَﺮْﺯُﻗَﻨَﺎ ﺍﻷَﻣَﺎﻧَﺔ

Baca Juga :   Inspirasi Kultum Singkat untuk Berbagai Acara

“Ya Tuhanku, jadikanlah kami manfaat dari apa yang telah engkau ajarkan kepada kami. Ya Tuhanku, ajari kami apa yang bermanfaat. Ya Tuhan kami, berilah kami kesuksesan, berikan kesuksesan kepada keluarga kami dan kerabat kami dalam agama. Kami mohon kepada-Mu dengan pembelajaran, kami mohon kepada-Mu dengan petunjuk agar kami diberi rezeki yang luas.”

Itulah beberapa doa yang bisa Anda lantunkan saat menutup kultum.

Agar lebih mudah saat menyampaikan, Anda bisa memilih doa penutup majelis saat menutup sebuah kultum. Selain itu Anda juga dapat menyimak secara lengkap contoh kultum singkat yang kami ulas sebelumnya. Semoga informasi singkat doa penutup kultum ini bermanfaat untuk Anda.

Avatar photo

Redaksi El Kariem

Tim redaksi elkariem-mengisi ruang maya. "Saya adalah saya dan etnis, ras, atau agama saya adalah identitas saya. Anda adalah Anda dan etnis, ras, atau agama Anda adalah identitas Anda. Kita adalah satu umat manusia yang bersatu di satu planet, dan kemanusiaan kita yang bersama adalah identitas kita."

4 comments

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed