Mengisi Ruang Maya
buku moderasi beragama

10 Buku Moderasi Beragama: Ulasan dan Link Download

buku moderasi beragama

Temukan dan unduh 10 buku moderasi beragama di Indonesia yang membahas konsep, nilai, dan praktik toleransi dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara. Pelajari cara menghadapi radikalisme dan terorisme serta peran pesantren dalam pendidikan moderat.

Indonesia, sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, memiliki peran penting dalam menyampaikan pesan moderasi beragama. Dalam rangka mendukung upaya ini, banyak buku telah ditulis untuk membahas konsep, nilai, dan praktik moderasi beragama di Indonesia. 

Artikel ini akan memberikan Anda 10 daftar buku terbaik tentang moderasi beragama di Indonesia yang akan membantu Anda memahami bagaimana toleransi dan keragaman agama dapat dijalankan dalam konteks yang unik dari kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Buku-buku ini mencakup berbagai aspek, mulai dari pemikiran tokoh-tokoh Islam, pendidikan di pesantren, hingga strategi dalam menghadapi radikalisme dan terorisme.

10 Daftar Buku Moderasi Beragama di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keberagaman budaya dan kepercayaan, menjadikan toleransi dan moderasi beragama menjadi hal yang sangat penting untuk ditekankan. Dalam rangka mempromosikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya moderasi beragama di Indonesia, kami telah mengumpulkan daftar sepuluh buku terbaik yang membahas topik ini. 

Baca Juga :   Bukan Sebatas Program, Moderasi Beragama Harus Jadi Religious Calling

Buku-buku ini ditulis oleh para ahli dan akademisi terkemuka yang memiliki pengetahuan mendalam tentang isu-isu keagamaan di Indonesia, serta bagaimana moderasi beragama dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Dalam artikel ini, kami akan memberikan ringkasan singkat tentang masing-masing buku, termasuk judul, penulis, dan pokok-pokok bahasan yang dibahas, sehingga Anda dapat memilih referensi yang paling sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda dalam memperkaya pemahaman Anda tentang moderasi beragama di Indonesia.

1. Buku Moderasi Beragama Kemenag: Religious Moderation (Trilingual)

Buku ini menjelaskan konsep, pengalaman empiris, dan strategi dalam mengimplementasikan moderasi beragama. Pembahasan mencakup prinsip-prinsip keadilan, keseimbangan, akomodatif, inklusif, dan toleransi sebagai indikator moderasi. Referensi ini juga mengupas langkah-langkah yang diperlukan untuk memperkuat dan mengimplementasikan moderasi beragama secara struktural, baik pada tingkat individu maupun institusi.

2. Buku Saku Moderasi Beragama untuk Perempuan Muslim

Referensi ini merupakan pembahasan teoretis dan praktis mengenai moderasi beragama dalam kehidupan berkewarganegaraan di Indonesia. Referensi ini menuntut para pembaca untuk menuliskan pengalaman mereka yang terkait dengan moderasi beragama di lingkungan mereka, baik di keluarga, tempat mengaji, tetangga, ataupun tempat lainnya yang lebih bersifat publik.

3. Buku Literasi Moderasi Beragama Di Indonesia

Buku ini merupakan hasil proses belajar mengajar pada mata kuliah Studi Politik dan Kebijakan Pendidikan Agama Islam Multikultural di Indonesia. Referensi ini berisi kumpulan tulisan yang telah dipresentasikan dan diperbaiki berdasarkan masukkan dari Dosen pengampuh.

4. Moderasi Beragama Dalam Bingkai Keislaman Di Indonesia

Buku ini menjelaskan pentingnya mensosialisasikan dan mempromosikan moderasi beragama dalam bingkai keislaman di Indonesia. Referensi ini juga membahas peran dan kedudukan Kementerian Agama dalam program pengarusutamaan moderasi beragama yang sangat strategis dan signifikan.

5. Moderasi Beragama Dalam Ruang Kelas

Merupakan salah satu referensi yang mengupas secara detail baik secara teori dan praktik berdasarkan hasil riset dan studi literatur tentang Moderasi Beragama dalam Ruang Kelas. Dalam referensi ini, penulis menekankan pentingnya menerapkan prinsip-prinsip moderasi dalam ruang kelas, mengingat bagaimana lingkungan pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan pemikiran siswa. Referensi ini akan memberikan panduan bagi guru dan pendidik untuk menerapkan moderasi beragama dalam proses pembelajaran, sehingga menciptakan suasana yang kondusif, toleran, dan inklusif. Anda dapat mengunduh buku ini melalui tautan berikut: Download Buku Moderasi Beragama Dalam Ruang Kelas.

Baca Juga :   Peran Strategis Rumah Moderasi Beragama di PTKI dalam Membangun Kerukunan dan Praktik Keagamaan Moderat

6. Wasathiyyah Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama

Buku ini ditulis oleh M. Quraish Shihab, seorang tokoh terkemuka dalam bidang studi Islam. Buku ini membahas konsep wasathiyyah (moderasi) dalam konteks Islam dan pentingnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Referensi ini menawarkan wawasan mendalam tentang bagaimana moderasi beragama sejalan dengan nilai-nilai ajaran Islam yang rahmatan lil-‘alamin dan melarang umatnya bersikap ekstrem. Buku ini sangat berguna bagi mereka yang ingin memahami konsep moderasi dalam Islam serta cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Anda dapat mengunduh buku ini melalui tautan berikut: Download Wasathiyyah Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama.

7. Moderasi Beragama di Tengah Pergumulan Ideologi Ekstremisme

Referensi ini mengkaji moderasi beragama sebagai langkah preventif dalam mencegah gerakan ekstremis yang menjadi ancaman pemecah-belah. Penulis membahas bagaimana agama yang semestinya mengemban misi kemanusiaan, dapat berbalik menjadi sumber kekerasan dan ketakutan. Buku ini menyajikan paradigma kontekstual yang moderat, humanis, dan egaliter sebagai respons terhadap gerakan ekstremisme. Referensi ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin memahami cara-cara untuk mencegah dan mengatasi ekstremisme dengan menerapkan moderasi beragama. Anda dapat mengunduh buku ini melalui tautan berikut: Download Moderasi Beragama di Tengah Pergumulan Ideologi Ekstremisme

8. Pendidikan Moderasi Beragama: Sebuah Solusi Bangsa

Referensi ini mengangkat tema pendidikan sebagai elemen kunci dalam mewujudkan moderasi beragama di Indonesia. Penulis memaparkan berbagai strategi, metode, dan pendekatan yang dapat digunakan oleh para pendidik untuk membina nilai-nilai toleransi, keberagaman, dan moderasi di kalangan generasi muda. Referensi ini juga membahas peran penting pemerintah dan masyarakat dalam mendukung upaya pendidikan moderasi beragama demi terwujudnya kehidupan berbangsa yang damai dan harmonis. Anda dapat mengunduh buku ini melalui tautan berikut: Download Pendidikan Moderasi Beragama: Sebuah Solusi Bangsa.

Baca Juga :   Contoh Pidato Moderasi Beragama

9. Kesadaran Moderasi Beragama: Membangun Toleransi dan Kebhinekaan

Buku ini ditujukan untuk membantu pembaca memahami konsep moderasi dan bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penulis mengajak pembaca untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya moderasi beragama dalam upaya membangun toleransi, keberagaman, dan kebhinekaan di Indonesia. Buku ini menyajikan studi kasus, analisis, dan diskusi yang informatif dan inspiratif untuk membantu pembaca mengembangkan pemikiran yang moderat dan inklusif. Anda dapat mengunduh buku ini melalui tautan berikut: Download Kesadaran Moderasi Beragama: Membangun Toleransi dan Kebhinekaan.

10. Moderasi Beragama: Konsep, Nilai, dan Strategi Pengembangannya di Pesantren

Buku ini ditulis oleh Muhtarom, A., Fuad, S., & Latif, T. (2020) dan diterbitkan oleh Yayasan Talibuana Nusantara. Referensi ini menjelaskan pentingnya pembumian nilai-nilai moderasi beragama dalam konteks pesantren, sebagai lembaga pendidikan Islam asli Indonesia. Penulis membahas bagaimana pesantren telah memberikan kontribusi nyata dalam membentuk peradaban Islam melalui pemahaman keislaman yang komprehensif dan kontekstual, serta mewujudkan prinsip ummatan wasat- han bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Buku ini juga menekankan pentingnya nilai-nilai keislaman yang dibangun dan dikembangkan pesantren sebagai dasar pembentukan karakter bangsa. Selain itu, buku ini menjelaskan peran pesantren dalam pengembangan dakwah Islam yang ramah dan toleran, serta menjaga kehidupan sosial-budaya yang seimbang, terutama dalam melakukan transformasi sosial bagi masyarakat sekitar pesantren. Anda dapat mengunduh buku ini melalui tautan berikut: Download Moderasi Beragama: Konsep, Nilai, dan Strategi Pengembangannya di Pesantren.

Seluruh referensi di atas dapat menjadi referensi yang baik untuk memahami dan menerapkan moderasi beragama di Indonesia. Selain itu, buku-buku tersebut juga membantu kita untuk mengatasi permasalahan ekstremisme dan intoleransi yang kian mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

Avatar photo

Redaksi El Kariem

Tim redaksi elkariem-mengisi ruang maya. "Saya adalah saya dan etnis, ras, atau agama saya adalah identitas saya. Anda adalah Anda dan etnis, ras, atau agama Anda adalah identitas Anda. Kita adalah satu umat manusia yang bersatu di satu planet, dan kemanusiaan kita yang bersama adalah identitas kita."

1 comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed